Plus Minus

Rabu, 11 Januari 2012

internet

MENGENAL INTERNET
Pengertian Dasar Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network diterjemahkan secara langsung yaitu jaringan yang saling terhubung. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan yang saling terhubung karena internet menghubungkan komputer dan jaringan – jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan  komputer yang sangat besar.
Ada dua peranan internet yang sangat penting yaitu :
1.    Sebagai sumber informasi
2.    Sarana pertukaran data dan informasi, dari satu komputer ke komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut.
Berbagai aplikasi Internet
World Wide Wibe
World Wide Web atau www merupakan aplikasi paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting.www adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia dokumen web dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain.
Electronic Mail (E-Mail)
Email atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik.
Mailing List
Mailing List atau sering disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.
Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.
Internet Relay Chat
IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap (chatting) di internet
File Transfer Protocol
File Transfer Protocol (FTP) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke / dari komputer lain. FTP digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file.
Telnet
telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP (IP adress) dari komputer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (User ID dan Password) ke komputer tersebut.
Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja.
Ping
Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet.
Kegunaan internet :
1.    Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. Hal ini didapatkan dengan menggunakan aplikasi e-mail, www, newsgroup, FTP, dan gopher.
2.    Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, misalnya koran nasional dapat dicetak di daerah, koran masuk internet, majalah, brosur, dan sebagainya
3.    Sebagai media promosi,, internet dimanfaatkan untuk beriklan dan menampilkan profil perusahaan serta produk-produknya.
4.    Sarana komunikasi interaktif, seperti pada e-mail, dukungan pelanggan dengan www, konferensi video, IRC, telepon via internet.
5.    Sarana penelitian dan pengembangan (research and development)
6.    Sarana untuk mempertukarkan data.
E- Commerce
Electronic Commerce (E-Commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi. Terutama internet.
Keuntungan bagi perusahaan :
1.    Memungkinkan perusahaan untuk menjual produnya kepada lebih banyak orang.
2.    Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
3.    Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi.
4.    Harga barang dapat dijual dengan lebih rendah.
5.    Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahaan.
Keuntungan bagi konsumen :
1.    Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang,
2.    Konsumen dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja
3.    Konsumen mempunyai lebih banyak pilihan , karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
4.    Konsumen dapat membeli barang yang terdapat di negara lain, yang di dalam negeri mungkin saja belum tersedia.
5.    Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.
Internet Banking
Sering juga disebut Electronic Banking (E-Banking), Cyberbanking, Virtual Banking, Home Banking, dan Online Banking. Internet Banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet.
Belajar jarak jauh
Sistem ini sebenarnya jauh dari sempurna. Faktor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media jarak jauh yang efektif adalah.... :
1.    Institusi Penyelenggara
Institusi penyelenggara harus memiliki komitmen yang kuat ditandai dengan kebijakan-kebijakan yang mendukung.
2.    Pengajar.
Para pengajar harus berusaha mengemas materi pelajaran agar menarik dan mudah dipahami. Pengajar harus dibekali kemampuan teknis internet yang cukup dan juga dibekali pemahaman yang cukup.
3.    Siswa
Siswa juga harus dilengkapi dengan kemampuan menggunakan internet.
4.    Teknologi
Pemanfaatan teknologi yang tepat akan membuat proses belajar jarak jauh dapat terselenggara dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal
Keamanan data dalam transaksi di internet
Hal yang perlu dilakukan untuk menjaga transaksi yang aman melalui toko online dan internet banking adalah sebagai berikut :
·         Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bank, termasuk aspek penting sehubungan dengan keamanan data, sehingga data kita tidak jatuh ke tangan orang lain.
·         Setelah selesai menggunakan layanan toko online atau internet banking, kita harus memastikan telah keluar dari layanan tersebut (logout) sebelum menutup browser atau meninggalkan komputer yang digunakan.
·         Kita tidak boleh meninggalkan komputer jika kita sedang login di internet banking
·         Komputer kita harus dilengkapi antivirus yang selalu aktif dan up to date. Antivirus akan mencegah masuknya virus spyware yang dapat merekam dan mencuri data-data kita.
·         Gunakan hanya komputer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking. Kita tidak boleh menggunakan komputer yang biasa di akses oleh orang lain. Seperti warnet.
·         Kita harus menjaga dengan aman informasi tentang nomor kartu kredit, user ID, dan password milik kita.
JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI DATA
JARINGAN KOMPUTER
Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat sebuah komputer server dan komputer client. Sesuai dengan namanya, komputer server berfungsi untuk melayani jaringan atau penyedia sumber yang dibutuhkan oleh komputer-komputer yang ada di dalam jaringan. Server berfungsi untuk mengatur aliran data. Jika komputer terhubung ke internet server juga berfungsi sebagai gateway. Disebut gateway karena server tersebut merupakan gerbang atau jalur yang digunakan oleh komputer client untuk mengakses internet.
Komputer client adalah komputer penerima pelayanan. Dapat berperan sebagai web server yang berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman web dari sebuah situs web dan juga sebagai mail server atau komputer yang memberikan layanan e-mail.
Manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer antara lain :
1.    Membagi sumber daya
Dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file, dan program-program.
2.    Reliabilitas tinggi
Memungkinkan kita mengopi data-data ke dua atau tiga komputer bahkan lebih.
3.    Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan komputer satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan.
4.    Sarana komunikasi
Ketika memberikan pengumuman rapat, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua stafnya. Pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.
Berbagai jenis jaringan
Jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan kabel dan jaringan tanpa kabel atau nirkabel (wireless network). Jaringan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. Jaringan tanpa kabel adalah jaringan komputer yang mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.
Dilihat dari area yang dicakupnya, secara umum jaringan komputer dapat digolongkan atas empat jenis, yaitu sebagai berikut :
1.    Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Di miliki oleh perusahaan atau organisasi memungkinkan menggunakan sumber daya (printer) bersama-sama. Kebanyakan hanya berjarak beberapa puluh meter.
2.    Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah jaringan LAN versi yang lebih besar. Digunakan untuk menghubungkan beberapa kanto yang letaknya berdekatan. Misalnya saja, kantor-kantor Pemerintah yang terdapat dalam sebuah kota dapat dihubungkan dengan MAN. Misalnya kantor Dinas Pajak berbagi data dengan Kantor Dinas Pertanahan.
3.    Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. Mencakup sebuah negara atau benua. WAN digunakan perusahaan-perusahaan atau negara-negara yang telah maju untukmenghubungkan database dari satu daerah dengan daerah lain dan antarinstansi dan lembaga-lembaga yang ada.
4.    Internet
Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di dunia yang juga terhubung ke internet. Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan  tersebut ke dalam sebuah jaringan internet yang sangat besar, maka dibangun jaringan kabel serat optik yang menghubungkan satu benua dengan benua yang lain. Kabel serat optik tersebut dibangun melalui dasar laut.

Perangkat Jaringan Komputer
Perangkat keras jaringan komputer adalah sebagai berikut :
1.    Server
Database yang digunakan komputer server biasanya berisi data-data yang digunakan bersama – sama oleh komputer-komputer client. Jika jaringan dihubungkan ke internet, komputer server juga berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer client untuk mengakses internet.
2.    Client
Adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Komputer client menerima pelayanan dari komputer server.
3.    Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat di jaringan (baik server maupun client).
4.    Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card. Berfungsi sebagai penguat sinyal. Memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke beberapa komputer client. Memungkinkan jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.
5.    Kabel dan konektor
Adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Kadang-kadang, bila diperlukan, di antara dua komputer yang dihubungkan dengan kabel ditempatkan hub. Kabel yang umum digunakan dijaringan adalah kabel UTP.
6.    Repeator
Berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan. Menguatkan sinyal yang diterima dari komputer pengirim, sehingga kekuatan sinyal sama dengan kekuatan aslinya. Dengan menempatkan repeater maka jarak antarkomputer di jaringan dapat dibuat semakin jauh.
7.    Bridge
Adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan yang lain.
8.    Router
Berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.
Ada dua jenis router yang biasa digunakan, router dedicated yang merupakan keluaran dari pabrik dan router PC adalah komputer PC yang dibuat menjadi router
Komunikasi Data
Adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari luar komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih luas, seperti internet.
Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol. Protokol adalah aturan – aturan yang membuat dua buah komputer saling mengerti satu dengan yang lain. Protokol dapat juga disebut bahasa komunikasi komputer.
Protokol dapat berupa perangkat lunak dan perangkat keras. Salah satu yang protokol komunikasi data yang banyak digunakan dalam komunikasi data yang luas adalah TCP / IP (transfer control protocol / internet protocol ).
TCP / IP merupakan sebuah kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Masing-masing protokol mempunyai fungsi dan secara keseluruhan dapat memastikan data yang dikirimkan sampai ke alamat dan aplikasi yang benar serta dalam keadaan tidak rusak.
Kelebihan TCP / IP dapat mengomunikasikan dua buah komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan. TCP / IP memungkinkan komunikasi  antara komputer PC dengan Macintosh atau antara sistem operasi Windows dengan Unix atau Linux.
TCP / IP terdiri dari empat lapis kumpulan protokol (layer). Setiap protokol dalam setiap lapis mempunyai fungsi masing-masing sbb :
·         Application Layer
Berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dengan data. Pada lapisan ini terdapat semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP / IP.
·         Transport Layer
Berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara dua host / komputer. Protokol yang ada pada lapisan ini adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDIP (User Datagram Protocol)
·         Internet layer.
Terdiri dari protokol IP, ARP, dan ICMP. IP berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang terletak pada jaringan yang sama. Sedangkan ICMP digunakan untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data, sehingga data yang gagal terkirim akan dikirimkan kembali.
·         Network Interface Layer
Berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan. Media fisik dapat berupa kabel jaringan, serat optik. Atau gelombang radio (jika jaringan merupakan jaringan nirkabel).
Pada saat mengirimkan data, setiap protokol akan menambahan informasi kepada setiap paket data sebelum meneruskan paket data tersebut ke layer di bawahnya. Informasi yang ditambahkan disebut dengan header dan berfungsi untuk mengontrol pengiriman dan penerimaan data agar berjalan dengan baik. Header ditempatkan dibagian depan setiap paket data. Proses penambahan header disebut enkapsulasi (encapsulation).
Kelancaran komunikasi data di antara dua komputer dalam sebuah jaringan sangatlah tergantung kepada bandwith (kemampuan jaringan melewatkan data tergantung kepada lebar pita jaringan. Kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits per second atau bps. Artinya berapa bit data setiap detiknya yang dapat dilewatkan dalam sebuah jaringan.
Paket-paket data yang dikirimkan melalui jaringan dapat dianalogikan sebagai kendaraaan yang lewat di jalan raya, sedangkan lebar bandwith dapat dianalogikan sebagai lebar jalan raya.
Meningkatkan arus lalu lintas data di jaringan juga dapat dilakukan seperti cara-cara
pertama, dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi jaringan pita lebar yang mempunyai kemampuan untuk melewatkan data yang lebih besar. Kedua adalah dengan menggunakan media jaringan yang mempunyai hambatan yang lebih kecil, misalnya kabel serat optik.
Ketiga adalah dengan menggunakan teknologi kompresi data. Sebelum dilewatkan di jaringan, data terlebih dahulu dikompres kemudian dikirimkan melalui jaringan. Pada sisi penerima, paket data tersebut kemudian dikembalikan. Dengan cara ini maka ukuran data yang dilewatkan di jaringan menjadi lebih kecil, sehingga lalu lintas data semakin cepat.
Keamanan Data dalam Jaringan
Transaksi yang dilakukan di internet akan melewati komputer-komputer yang ada di jaringan internet. Pada saat melewati jaringan internet data-data yang kita kirimkan rawan terhadap penyadapan. Selain penyadapan, komputer yang digunakan dapat saja dijangkiti virus yang bekerja sebagai spyware. Spyware dapat merekan semua aktivitas yang dilakukan, tombol-tombol apa saja yang kita ketik, dan kemudian mengirimkannya kepada seseoranng di internet.
Karena terhubung dalam sebuah jaringan internet, maka sebuah komputer rawan terhadap penyusupan dari luar.
Ada dua bentuk aktivitas terhadap jaringan komputer, yaitu hacking dan cracking.
Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan sistem jaringan secara ilegal. Sedangkan Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut. Pelaku hacking disebut hacker, sedangkan pelaku cracking disebut dengan cracker.
Tidak ada jaringan komputer yang benar-benar aman dari serangan hacker, cracker, spam, e-mail bomb, dan virus komputer. Yang dapat dilakukan adalah menjaga jangan sampai jaringan tersebut mudah ditembus sambil terus berusaha meningkatkan sistem keamanan data dan jaringan.
Program atau utility sebagai alat oleh para hacker atau cracker antara lain, IP Scanner, IP Sniffer, Network Analyzer,E-Mail Bombs, Spamming, TCP Wraper, Password Cracking, dsb.
Metode atau cara kerja yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer, antara lain :
1.    Spoofing
Bentuk penyusupan dengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker bisa login ke sebuah jaringan komputer secara ilegal. Pemalsuan identitas user ini menyebabkan hacker bisa login seolah-olah sebagai user asli.
2.    Scanner
Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer di jaringan lokal ataupun komputer di jaringan lain. Hacker yang berada di Jepang dapat melihat kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer yang ada di Indoenesia.
3.    Sniffer
Berfungsi sebagai penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer. Program tersebut mengatur kartu jaringan (LAN Card) untuk memonitor dan menangkap semua lalu lintas paket data yang melalui jaringan. Tanpa mempedulikan kepada siapa paket data tersebut dikirimkan.
4.    Password Cracker
Program ini dapat membuka password yang sudah dienkripsi (dikodekan) selain itu, ada juga password cracker yang bekerja dengan cara menghancurkan sistem keamanan password.
5.    Destructive Devices
Berupa virus yang dibuat untuk menghancurkan data-data.
Beberapa teknik pengamanan data yang ada saat ini :
1.    Internet firewall
Berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal. Firewall bekerja dengan 2 cara yaitu menggunakan filter dan proxy. Firewall filter menyaring komunikasi agar terjadi seperlunya saja, hanya aplikasi tertentu saja yang bisa lewat dan hanya komputer dengan identitas tertentu saja yang bisa berhubungan. Firewall proxy berarti mengizinkan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses satu komputer tertentu saja.
2.    Kriptografi
Adalah seni menyandikan data. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet. Di komputer tujuan, data tersebut dikembalikan ke bentuk aslinya, sehingga dapat dibaca dan dimengerti oleh penerima.
Ada dua proses yang terjadi dalam kriptografi, yaitu :
Proses enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sandi. Proses dekripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data aslinya. Data asli atau data yang akan disandikan disebut dengan plain teks. Sedangkan data hasil penyandian disebut dengan chipher teks. Proser enkripsi terjadi di komputer pengirim, sebelum data tersebut dikirimkan. Sedangkan proses dekripsi terjadi di komputer penerima sesaat setelah data diterima, sehingga penerima dapat mengerti data yang dikirim.
3.    Secure Socket Layer (SSL)
Browser dilengkapi dengan SSL berfungsi untuk menyandikan data.
AKSES INTERNET
Internet Service Provider
Yaitu perusahaan jasa layanan koneksi ke internet . ISP di Indonesia tergabung dalam Asosiasi penyelenggara jasa Internet Indonesia (APJII). Kriteria – kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP :
1.    Kecepatan Transfer Data
Jika kita membuka sebuah halaman Web, kita mengirimkan permintaan halaman web dengann cara mengirimkan alamat URL-nya.
Kecepatan transfer data dari sebuah komputer server di internet ke komputer kita sangat bergantung kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan.
Satuan kecepatan transfer data adalah Byte per second (bps). Artinya banyak bit data yang dapat di pindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam satu detik. Pada umumnya ISP yang ada di Indonesia menggunakan modem berkecepatan 28,8; 33,6; atau 56 kbps. Kecepatan jaringan telepon yang adai di Indonesia masih berkisar antara 9,6 kbps hingga 28,8 kbps.
2.    Bandwith
Adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer.
3.    Memiliki server proxy
Berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan cepat. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwith karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.
4.    Memiliki backbone
Adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Pembuatan backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Penggunaan backbone secara bersama – sama dapat menghemat biaya, namun mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP.
5.    Keamanan Data
Untuk menjamin keamanan transaksi online harus menggunakan firewall
6.    Layanan yang diberikan
Kita harus tahu layanan apa yang diberikan ISP, apakah ada acount e-mail, berapa besarnya,apakah e-mail tersebut mendukung POP3 dilengkapi dengan spam filter.
7.    Biaya
Bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP. Biasanya sistem paket lebih murah
8.    Hardware
Perlu diketahui berapa banyak modem yang dimiliki sebuah ISP, kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan per modem,
9.    Teknologi yang digunakan
Teknologi apa saja yang dimiliki. Beberapa ISP untuk layanan koneksi dial-up menggunakan teknologi kompresi data, yang memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat.sedangkan untuk koneksi internet dengan 3g, beberapa penyedia layanan menggunakan teknologi HSDPA (high speed downlink paket access) yang memungkinkan kecepatan akses data hingga 2,6 Mbps.
Perangkat keras untuk mengakses internet
Melalui koneksi Dial-Up
Jika menggunakan dial-up dua perangkat tambahan yang kita butuhkan yaitu saluran telepon dan modem.
Saluran telepon untuk menghubungkan komputer kita dengan ISP yang digunakan. Selanjutnya ISP tersebut akan meneruskan koneksi kita ke internet.
Modem dibutuhkan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal listrik) agar dapat dikirimkan melalui saluran telepon, dan juga sebaliknya untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal digital agar dapat di mengerti komputer.
Kecepatan transfer data modem umumnya 56 kbps.
Ada dua jenis modem yaitu
Modem internal adalah modem yang dipasang langsung di mainboard komputer.
Modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan komputer dihubungkan ke komputer menggunakan kabel.
Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganya lebih murah, kelemahannya adalah karena pemasangannya yang lebih sulit dan pengunaannya tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain (harus membuka casing CPU).
Keuntungan modem eksternal adalah pemasangannya yang lebih mudah dan penggunaannya dapat dipindah dari satu komputer ke komputer lain dengan cara yang mudah (tanpa membuka casing CPU). Kelemahannya adalah harganya lebih mahal.
Melalui Teknologi ADSL
ADSL atau Asymmetrical Digital Subscriber Line adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang gigunakan untuk pelayanan telepon. Memungkinkan ADSL dapat dikirimkan melalui jalur telepon biasa tanpa harus mengganggu pelayanan telepon.
Jika kita mengakses internet menggunakan teknologi ADSL, kita harus mempunyai sebuah modem ADSL jalur telepon, dan terdaftar pada ISP yang mempunyai layanan ADSL.
Modem yang digunakan haruslah modem yang mendukung pada teknologi ADSL.
Melalui jaringan LAN
Beberapa motherboad keluaran terbaru telah dilengkapi dengan kartu jaringan . untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain kita memerlukan kabel UTP.
Komputer yang sebagai server dihubungkan dengan internet melalui kabel telepon atau melalui antena, tergantung pada teknologi yang digunakan.
Melalui jaringan GPRS
GPRS atau General Packet Radio Service merupakan teknologi pengiriman dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. Merupakan perkembangan dari teknologi GSM. GPRS memungkinkan pengiriman data sampai pada kecepatan 115 kbps.
Jika menggunakan GPRS kita membutuhkan sbuah handphone yang sudah mendukung teknologi GPRS dan sebuah SIM CARD dari operator selular yang menyediakan ayanan GPRS dan telah diaktifkan di hp kita.
Kita membutuhkan sebuah perangkat untuk menghubungkan hp ke komputer dapat menggunakan kabel data, sinar infrared atau bluetooth, tergantung mana yang dapat didukung oleh handphone dan komputer yang digunakan. Jika komputer dan handphone sudah terhubung kita harus menginstal driver handphone agar dapat dikenali komputer dan kemudian mengatur setting untuk koneksi ke internet menggunakan GPRS.
Melalui Jaringan WiFi
WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Wifi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi  tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakanoleh teknologi WiFi berada pada spektrum 2,4 GHz.
Notebook dan PDA yang telah dilengkapi kemampuan (support) untuk teknologi Wifi atau komputer PC dan Notebook yang dilengkapi dengan kartu WiFi (WiFi) Card).
Menggunakan Jaringan TV kabel
Ada beberapa syarat yang harus kita penuhi, antara lain :
1.    Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang dilengkapi dengan layanan internet,
2.    Perangkat komputer standar yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi dan browser yang mendukung untuk internet,
3.    Cable modem dengan DOCSIS system, modem yang dirancang khusus untuk jaringan TV Kabel,
4.    Ethernet Card.
Menggunakan 3G
Teknologi telekomunikasi generasi ketiga (3rd generation) atau lebih populer dengan sebutan 3G. Adalah teknologi komunikasi nirkabel (wireless) yang dirancang dengan kecepatan tinggi. Kecepatan 3G dirancang 2 Mbps.
Perangkat lunak untuk mengakses Internet
Berikut ini adalah contoh-contoh perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi internet :
1.    Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator adalah browser yang digunakan untuk mengakses web atau aplikasi www.
2.    Cute FTP, Go!Zilla, dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP.
3.    Mirc, Yahoo Messenger, dan ICQ adalah program untuk menjalankan chating
4.    Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail.
Selain itu juga ada aplikasi lain seperti Flash Get, yang digunakan untuk mendownload file-file secara terputus-putus. Menguntungkan karena apabila koneksi kita terputus kita dapat melanjutkan proses download tanpa harus memulainya dari awal lagi. Flashget dapat di download dari website www.amazesoft.com secara gratis.
Menginstall Modem
Menginstall sebuah modem dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.    Pasanglah modem di komputer.
2.    Hidupkan komputer. Pada saat dekstop ditampilkan, komputer akan menampilkan pesan telah menemukan hardware baru yang belum di install.
3.    Klik ikon tersebut. Kotak dialog found New Hardware Wizard akan ditampilkan.
4.    Pilihlah install the sofware automatically (recomended). Kemudian klik tombol next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
5.    Wizard akan mememinta di mana harus mengambil file driver dari modem yang sedang di install. Klik tombol browse untuk memilih folder tersebut. Contoh menudriver di simpan di J:\winxp.
6.    Klik tombol OK. Proses penginstallan akan dilanjutkan.
7.    Bila proses penginstallan telah selesai, wizard langkah selanjtutnya akan di tampilkan.
8.    Klik tombol finish. Modem kita siap digunakan.
Bila ikon found new hardware tidak di tampilkan di taksbar desktop, atau proses penginstalan yang dilakukan gagal, kita masih dapat menginstal modem dengan dara mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini :
1.    Dari menu start, klik setting, lalu klik control panel. Jendela control panel akan di tampilkan.
2.    Bila tampilan jendela control panel yang ditemui tidak ditampilkan. Klik teks switch to classic view (untuk komputer dengan sistem operasi windows XP).
3.    Klik ikon add Hardware. Kotak dialog add hardware wizard akan ditampilkan. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
4.    Klik tombol next. Semua hardware yang terhubung ke komputer akan di deteksi.
5.    Tunggulah sampai proses pendeteksian hardware selesai dan wizard langkah selanjutnya ditampilkan.
6.    Pilihlah yes, i have already connected the hardware. Klik tombol next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
7.    Pilihlah modem yang akan diinstall. Kemudian klik tombol next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
8.    Klik tombol finish. Wizard untuk meng-update driver modem akan ditampilkan
9.    Selanjutnya, ikuti langkah-langkah penginstalan seperti diatas.
Mendownload dan menginstall MIRC
Kita dapat mendownloadnya dari www.mirc.com
CARA DOWNLOADNYA :
1.    Jalankan browser internet explorer
2.    Di adrress bar, masukkan alamat website Mirc (www.mirc.com). Website Mirc akan ditampilkan.
3.    Carilah teks link untuk mendownload installer Mirc. Kemudian klik teks link tersebut. Kotak dialog untuk mendownload installer Mirc akan ditampilkan.
4.    Pilihlah folder tempat penyimpanan file installler Mirc, kemudian klik tombol download. Proses download akan di mulai. Tunggulah sampai file installer Mirc selesai di download.
Cara menginstallnya
1.    Carilah file installer Mirc yang sudah kita download.
2.    Klik dua kali di file tersebut. Kotak dialog instalasi akan ditampilkan.
3.    Klik tombol Next. Langkah selanjutnya akan ditampilkan
4.    Di kotak dialog persetujuan, klik tombol yes. Langkah selanjutnya akan di tampilkan.
5.    Pada langkah selanjutnya kita diminta menentukan folder tempat program Mirc akan di instal. Secara default, mirc akan di instal di c:\Program Files \mirc. Jika kita ingin menginstall di folder lain, klik tombol browse dan tentukan folder penginstalan. Jika tidak, klik tombol install.
6.    Proses penginstalan mirc akan ditampilkan. Tunggulah sampai pross penginstalan selesai.
7.    Jika proses penginstalan sudah selesai, klik tombol finish.
8.    Sebuah jendela file-file Mirc akandi tampilkan.
Mendownload dan menginstall yahoo messenger
Yahoo messenger adalah aplikasi chating dengan menggunakan server Yahoo. Alamatnya URL Yahoo (www.yahoo.com)
Cara install :
1.    Carilah file installer Yahoo Messenger yang sudah di download menggunakan Windows Explorer
2.    Klik di File Installer Yahoo Messenger. Kotak dialog Yahoo! Messenger instalation akan ditampilkan.
3.    Klik tombol next. Kotak dialog Yahoo !Messenger installation langkah selanjutnya akan ditampilkan.
4.    Berilah tanda cek di kotak cek yes, i accept. Kemudian klik tombol next.
5.    Klik tombol next. Kotak dialog yahoo! Messenger installation langkah selanjutnya akan ditampilkan.
6.    Klik tombol next. Kotak dialog yahoo! Messenger Installation untuk memilih folder di mana Yahoo Messenger ingin di instal akan ditampilkan.
7.    Klik tombol browse jika ingin menginstall Yahoo Messenger di Folder lain, selain folder yang dipilih. Kemudian klik tombol next. Kotak dialog Yahoo! Messenger Installation langkah selanjutnya akan ditampilkan.
8.    Klik tombol next. Kotak dialog installing akan ditampilkan.
9.    Tunggulah sampai proses penginstallan selesai. Kotak dialog yahoo!Messenger Installation yang menyatakan proses penginstalah telah selesai akan ditampilkan.
10. Klik tombol finish. Kotak dialog yahoo ! Messenger Installation akan ditutup.
KONEKSI KE INTERNET
Jaringan Komputer (LAN)
Biasanya banyak dipakai perusahaan, laboratium, sekolah, warnet, dsb.
Keuntungan melakukan akses internet melalui LAN adalah biaya untuk akses internet lebih murah. Disebabkan biaya akses dibagi untuk beberapa komputer. Kelemahan dari akses internet melalui LAN adalah jika sedang melakukan akses yang banyak, akses akan menjadi lambat, terlebih jika bandwidthyang ada terbatas.
Saluran telepon langsung
Menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan  saluran telepon (dial –up) merupakan cara termudah untuk mengakses internet. Selain membayar langganan ke ISP, kita juga harus membayar biaya pulsa telepon yang kita gunakan setiap kali kita mengakses internet.
Kecepatan akses dengan menggunakan dial-up dapat mencapai 56 kbps. Namun, biasanya kurang dari kecepatan maksimal, terutama jika jaringan telepon yang digunakan sedang sibuk.
Kelebihannya adalah jaringanya yang luas. Asalkan sudah terpasang di telepon, kita dapat menggunakan akses ini.
Kekurangannya adalah harga yang masih relatif mahal, kecepatan akses yang tidak stabil dan sangat tergantung pada beban percakapan di jaringan telepon, serta mobilitas akses yang mengharuskan kita tetap pada satu tempat.
Teknologi ADSL
Teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) memungkinkan saluran telepon biasa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimkan data. Hal ini memungkinkan kita mengakses internet dengan kecepatan tinggi melalui saluran telepon.
Keuntungan bagi penyedia jasa tidak perlu lagi membangun infra struktur baru untuk mendukung layanan ADSL. Asalkan ada saluran telepon, layanan ADSL dapat digunakan. ADSL mampu mengirimkan data-data sampai pada kecepatan 2 Mbps ke pengguna yang berjarak 5 km dari sentral telepon.
Kelebihan dibandingkan dengan koneksi dial – up sambungan ke internet tidak akan terganggu meskipun ada telepon masuk atau keluar. Kelemahan dari teknologi ADSL adalah harga modem yang yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan modem untuk dial-up harganya masih mahal  bila hanya digunakan untuk perorangan
Jaringan TV Kabel
Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk akses internet dengan TV kabel merupakan satu paket dengan layanan TV Kabelnya. Karena itu pengguna jaringan TV Kabel bebas berinternet tanpa harus menambahkan biaya pengeluaran.
Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel adalah kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.
Kelemahan dari akses internet dengan jaringan TV kabel adalah hanya tersedia di kota-kota besar dan itupun terbatas di daerah-daerah tertentu saja yang dijangkau oleh layanan TV Kabel.
GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio. Merupakan teknologi komunikasi nirkabel generasi dua setengah (2,5 G) yang merupakan perkembangan dari teknologi GSM (2G).
Sistem tarif layanan GPRS dilakukan bukan berdasarkan lamanya penggunaan tetapi berdasarkan besarnya data yang ditransfer.
Kelemahan dari GPRS adalah untuk mendapatkan koneksi internet secara mobile, kita harus melakukan setting tertentu pada telepon selular kita. Hal ini cukup menyulitkan karena setiap merek handphone dan operator telepon selular mempunyai cara sendiri-sendiri untuk mengaktifkan fasilitas GPRS-nya.
Kelemahan lainnya adalah harga layanan yang relatif mahal. Rata-rata operator memasang tarif sebesar Rp 5 / kb. Jika mendownload data sebesar 1 MB, kita harus membayar 5 x 1024  = Rp 5.120,- bila dibandingkan dengan layanan dial-up, dengan kecepatan download rata-rata sebesar 4 kbps untuk mendownload 1 MB kita hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Biaya yang kita keluarkan untuk koneksi 5 menit tersebut hanya 5 / 60 x Rp 10.000,- = Rp 834.
WiFi
Adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Wifi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi Wifi berada pada spektrum 2,4 GHz.
Mempunyai kemampuan akses internet hingga 11 Mbps atau lima kali lebih cepat dari akses internet menggunakan 3G.
Supaya komputer terhubung ke internet komputer harus dilengkapi dengan WiFi card atau telah mendukung teknologi Wifi dan kita berada pada lokasi di mana tersedia sinyal WiFi atau sering disebut dengan Hotspot atau titik poin.
Ada tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot, antara lain sebagai berikut :
1.    Access Point (Titik Akses) adalah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat di komputer. Titik akses memiliki kemampuan untuk melayani pengguna sebanyak 128 orang. Luas daerah yang dapat dijangkau oleh  sebuah titik akses mencapai 25 – 100 meter.
2.    Access Controller (Pengendali Akses) adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi, mengecek apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
3.    Internet link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Internet link mempunyai kemampuan koneksi ini digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi.
Kelemahannya adalah akses hanya dapat dilakukan pada daerah sejauh 100 m dari titik poin. Ex : kampus, hotel, kafe, bandara, mal. Kelemahannya masalah keamanan data sekalipun telah dienskripsi (disandikan), data yang dikirim melalui jaringan data mudah di tembus.
Wireless Broadband ( WiBro )
Teknologi ini masih dalam perkembangan dan baru digunakan di beberapa negara. Dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik poinnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Dapat dilakukan dari kendaraan yang bergerak dengan kecepatan sampai 60 km / jam.
3G
Dapat diperoleh melalui operator GSM maupun CDMA. Pada operator GSM, 3G menggunakan teknologi WCDMA. Merupakan evolusi dari teknologi GSM berkembang menjadi GPRS kemudian berkembang menjadi EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution) dan akhirnya menjadi WCDMA (3G). Sedangkan pada operator CDMA, 3G menggunakan teknologi EDVO (Evolution Data Optimized). Teknologi tersebut merupakan evolusi dari IS95/CDMA 20001X (2,5G) berkembang menjadi CDMA20001X EVDV (3G).
Kelebihan dari 3G selain bandwidth yang lebar, juga dapat didukung dengan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access). Memungkinkan akses internet mencapai 2,6 Mbps atau 40 kali lebih cepat dari akses internet dengan dial-up.
Kelemahannya kita hanya bisa menggunakannya sebatas pada daerah jangkauan operator penyedia layanan. Operator 3G masih harus berpikir dua kali untuk mengembangkan layanan ke daerah-daerah lain yang potensi penggunanya kecil, karena biaya investasi yang dikeluarkan untuk membangun infrastruktur sangat besar. Kekurangan lain jika ingin menggunakan akses internet dengan layanan 3G adalah perangkat yang digunakan. Jika kita ingin mengakses layanan internet menggunakan 3G kita harus menggunakan handphone yang dilengkapi dengan teknologi 3G. Padahal handphone itu masih mahal harganya.
Menyetting Koneksi Dial – Up
Layanan internet menggunakan koneksi dial-up dari telkom disebut TelkomNet Instant. Keuntungan menggunakan layanan Telkom dibandingkan dengan ISP lain adalah kita tidak perlu mendaftar terlebih dahulu. Nomor telepon yang digunakan untuk layanan TelkomNet adalah 080989999 dengan user ID “telkomnet@instant” dan password “telkom”.
Contoh cara menyetting koneksi ke internet dengan koneksi dial-up,menghubungkan komputer ke internet menggunakan TelkomNet instant :
1.    Dari menu start, pilih setting dan kemudian klik control panel. Jendela control panel akan ditampilkan.
2.    Bila control panel tidak tampil klik switch to classic view di bagian kiri jendela.
3.    Klik network connections. Jendela network Connections akan ditampilkan.
4.    Untuk menambah jenis koneksi baru ke jendela Network Connections, dalamhal ini koneksi menggunakan dial up, di bagian Network Tasks, klik Create a new Connection. Kotak dialog new Connection Wizard akan ditampilkan.
5.    Klik tombol next. Wizard untuk langkah selanjutnya akan ditampilkan.
6.    Pilihlah Connect to the Internet. Kemudian klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
7.    Pilihlah set up my connection manually. Kemudian klik tombol next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
8.    Pilihlah connect using a dial-up modem. Klik tombol next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
9.    Bila di komputer terdapat lebih dari satu jenis modem, kita akan diminta untuk memilik modem yang akan digunakan. Pilihlah modem yang sesuai dengan koneksi dial-up. Kemudian klik tombol next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan. Jika kita hanya memiliki satu modem, langkah ini tidak akan ditampilkan.
10. Masukkanlah nama ISP yang digunakan :TelkomNet. Kemudian klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
11. Masukkanlah nomor telepon untuk akses internet. Nomor telepon yang digunakan oleh TelkomNet Instant adalah 080989999. Klik tombol next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
12. Isikanlah user name dengan “telkomnet@instant”, password dan confirm pasword dengan “telkom”. Klik tombol next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.
13. Untuk menambahkan shortcut TelkomNet Instant di desktop. Berilah tanda cek di kotak cek add a shortcut to this connection to my desktop. Kemudian klik tombol finish untuk mengakhiri proses setting koneksi yang dilakukan. Kotak dialog connect TelkomNet akan ditampilkan
14. Klik tombol Dial jika kita ingin memulai koneksi ke internet dan klik tombol cancel jika kita belum ingin memulai koneksi ke internet.
Memulai dan Mengakhiri Koneksi Dial-Up
1.    Carilah shortcurt TelkomNet Instant di desktop. Klik shortcut tersebut. Kotak dialog Connect TelkomNet akan ditampilkan.
2.    Klik tombol dial. Kotak dialog proses koneksi akan ditampilkan
3.    Kadang-kadang proses koneksi bisa gagal. Hal ini bisa disebabkan karena jalur telepon yang sibuk. Jika hal ini terjadi kliklah tombol redial.
4.    Bila proses koneksi berhasil, akan dilakukan proses verifikasi usernamedan password.
5.    Bila berhasil akan dilakukan registrasi komputer di internet.
6.    Bila selesai, kotak dialog connecting TelkomNet akan ditutup dan akan muncul ikon TelkomNet di taskbar. Di ikon tersebut juga akan ditampilkan kecepatan akses komputer kita ke internet.
7.    Selanjutnya, kita bisa mulai menggunakan internet.
Bila sudah selesai kita harus memutuskan internet jika tidak tagihan kita akan terus berjalan. Langkah-langkah untuk memutuskan :
1.    Klik ikon telkomNet di taskbar. Kotak dialog akan ditampilkan.
2.    Pada kotak dialog kita dapat melihat lama koneksi dan kecepatan akses. Klik tombol disconnect untuk menghentikan koneksi ke internet atau klik tombol close  untuk kembali bekerja dengan internet.

MENJELAJAHI INTERNET  
Kebanyakan informasi yang terdapat di internet ditempatkan di halaman-halaman web. Halaman web tersebut merupakan file-file yang ditulis dengan menggunakan kode-kode yang disebut dengan HTML. Kode tersebut dapat dibaca komputer jika komputer tersebut mempunyai program browser, browser berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode HTML menjadi sebuah halaman web.
Selain dalam bentuk halaman web, informasi juga sering disimpan dalam bentuk file-file dokumen, yakni file dokumen word (.doc), Rich Text File (.rtf), PDF(.pdf), dsb. File dalam bentuk gambar biasanya disimpan dalam bentuk file JPG dan GIF. Contoh browser adalah internet Explorer. Internet explorer adalah browser yang disertakan dengan sistem operasi Windows , jika komputer menggunakan operasi Windows. Komputer tersebut sudah pasti memiliki internet explorer di dalamnya.
Menjalankan browsing
Browsing adalah kegiatan menjelajahi internet. Berarti mencari informasi dengan cara menggunjungi website-website yang ada di internet. Kita dapat menjalankan internet explorer dengan dua cara :
1.    Mengklik shortcut di dekstop
2.    Mengklik ikon dari menu start
Langkah-langkahnya :
1.    Klik menu start
2.    Pilih program.
3.    Carilah internet explorer dan klik.
Bagian – bagian browser
Title Bar
Title bar atau bar judul terdapat pada bagian paling atas jendela browser. Bagian paling kiri bar judul berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan di jendela browser. Bagian sebelah kanan berisi kontrol untuk jendela browser. Kontrol tersebut terdiri dari tombol minimize, maximize, dan close.
Menu bar
Merupakan tempat menu-menu yang terdapat di browser. Menu antara lain file, edit, view, favorites, tools. Dan help.
Toolbar
Contoh
Back
Digunakan untuk kembali ke halaman website yang dibuka sebelumnya
forward
Digunakan untuk kembali ke halaman berikutnya yang pernah dibuka, merupakan kebalikan dari tombol back.
Stop
Digunakan untuk menghentikan proses pemanggilan (loading) sebuah halaman web.
Refresh
Digunakan untuk mengulangi proses pemanggilan sebuah halaman web.
Home
Digunakan untuk kembali ke halaman pertama dari sebuah website.
Search
Digunakan untuk menampilkan jendela pencarian.
Favorites
Digunakan untuk menampilkan alamat website favorite
Media
Digunakan untuk menampilkan alamat website  yang berhubungan dengan multimedia
History
Digunakan untuk menampilkan jendela yang berisi daftar halaman yang pernah diakses. Daftar halaman yang pernah diakses akan berubah setiap kali mengakses internet.
E-mail
Digunakan untuk membaca e-mail dan berita
Print
Digunakan untuk mencetak halaman web yang sedang dibuka
Edit
Digunakan untuk menampilkan perintah pada halaman HTML untuk diedit.
Adrees Bar
Atau bar alamat adalah kotak teks yang digunakan untuk memasukkan alamat website yang ingin ditampilkan (dikunjungi) di jendela browser. Di ujung kanannya dilengkapi sebuah tombol pada bagian ujungnya.
Status bar
Terdapat pada bagian bawah  jendela browser. Menampilkan kemajuan proses yang sedang dilakukan pada saat browser mendownload sebuah halaman web.
Task pane
Adalah jendela kecil yang muncul di bagian kiri jendela browser apabila kita mengeklik tombol search, favorites, dan history.
Istilah – istilah dasar internet
Intranet
Adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil. Biasanya di bangun dan dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di perusahaan tersebut.
Broser atau Web Browser
Adalah yang digunakan untuk mengakses internet.example : internet explorer dan Netscape Navigator. Untuk menampilkan file HTML.
HTML
Merupakan singkatan ari HyperText Mark-UP Language. Adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Setiap halaman web di sebuah website terdiri dari sebuah file HTML (.html).
Server
Yaitu Komputer yang memberi layanan kepada komputer lain (komputer client). Berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen web dari website tertentu.melayani komputer yang mengakses website yang disimpannya.
Client
Adalah komuter yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan.
Bandwidth
Yaitu ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk menstransfer data dalam jangka waktu tertentu. Satuan untuk bandwidth adalah megabit per second (Mbps) atau kilobit per second (kbps).
Search engine
Merupakan program di website tertetnu yang kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.
URL (Uniform Resource Locator)
Adalah sistem pemberian nama alamat website. Alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web.
Website
Merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang saling terkait. Sering juga disebut dengan situs, situs web, site atau portal.
Homepage
Yaitu Halaman web yang pertama yang terdapat pada sebuah website. Biasanya berisi ucapan selamat datang, beberapa ringkasan isi website dan beberapa link ke bagian penting lain dari website tersebut. Homepage sering juga digunakan untuk website pribadi dari seseorang sebagai istilah “rumah” dalam bentuk halaman web.
Web page
Merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu kepada sebuah halaman web. Merupakan sebuah file HTML (.htm).
Hypertext Link (Hyperlink) atau Link
Link adalah sebuah teks, gambar, atau tombol dihalaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain. Link di halaman web akan mempunyai tanda dan warna yang berbeda. Biasanya teks mempunyai garis bawah. Untuk mengetahui sebuah teks merupakan link  atau tidak, dapat kita lakukan dengan cara mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda pointer mouse berubah, teks tersebut merupakan lingk.
ISP atau Internet Service Provider
Berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet. Jika kita ingin komputer kita terhubung ke internet. Kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP.
Program Dial – Up
Adalah program yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer dengan pemberi jasa layanan internet (ISP).
Off-line
Adalah kondisi di mana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan terputus.
Online
Adalah kondisi di mana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan tersambung.
Login
Halaman web hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Dengan cara memasukkan user ID dan password. Example : sewaktu membuka kotak surat e-mail kita.
Logout
Adalah kebalikan dari login. Adalah proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang ynang memiliki otoritas. Dilakukan dengan menekan tombol atau teks link logout yang biasanya terdapat di halaman web. Diperlukan agar orang lain tidak dapat mengakses halaman tersebut.
Protokol
Adalah aturan-aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu misalnya, di internet ada protokol untuk mengirimkan pesan ke komputer lain, ada protokol untuk mengirimkan e-mail, dan sebagainya.
HTTP atau HyperText Transfer Protocol
Adalah protokol yang digunakan untuk mempertukarkan informasi di internet. Komputer kita menerima file-file HTML dari server di internet dengan menggunakan protokol HTTP.
POP atau Post Office Protocol
Adalah protokol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang disimpan server di internet atau sebuah ISP
Download
Yaitu proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan (komputer client)
Upload
Merupakan kebalikan dari proses download yaitu proses penempatan file dari komputer kita ke sebuah komputer server di internet
Freeware
Program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis. Setiap orang diperbolehkan mendownload program tersebut.
Shareware
Merupakan program komputer di internet yang dapat kita downloaddan kita gunakan dalam waktu tertentu. Hanya daapt digunakan dalam jangka waktu tertetnu. Jika kita ingin menggunakannya terus kita harus membelinya dengan cara membayar biaya pendaftarannya.
GIF atau Graphical Interchange Format
Merupakan suatu format file gambar. Mempunyai ukuran file yang kecil, sehingga banyak diguakan sebagai format gambar yang ada di internet.
JPEG atau Joint Photographic Experts Group
Merupakan format file gambar yang banyak digunakan di internet. Mempunyai warna yang lebih banyak dibandingkan GIF. Biasanya digunakan untuk menampilkan gambar-gambar yang membutuhkan warna lebih banyak, seperti foto, sedangkan GIF untuk gambar dengan warna yang lebih sedikit misalnya logo organisasi, gambar grafik, dsb. ‘
SPAM
Adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan, seperti e-mail yang tidak penting, e-mail berantai, iklan dsb.
Alamat Website
http://www.itb.ac.id    = milik institut Teknologi Bandung
http://www.klikbca.ac.id = milik Bank BCA
http://www.kompas.com = milik Harian Kompas
http://www.erlangga.co.id = milik Penerbit Erlangga
nama website diberi nama sesuai dengan tujuan atau informasi yang ditampilkan di website tersebut, misalnya www.lyrics.com, website yang menyimpan lirik-lirik lagu, http://ticketing.keretaapi.com, website untuk mencari informasi tiket kereta api, dan sebagainya.
Alamat website merupakan sebuah kombinasi dari protokol yang digunakan, nama host, dan nama domain. Nama domain sendiri dapat terdiri dari perusahaan atau nama website beserta kode-kode yang menjelaskan asal dan bentuk organisasi dari pemilik website tersebut.
Alamat URL diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.    Protokol yang digunakan http
2.    Nama komputer host :www
3.    Nama domain level kedua : itb
4.    Nama domain level pertama :ac.id (akademik indonesia)
5.    Nama direktori : pascasarjana
6.    Nama file : syarat_pendaftaran.htm
Berbagai nama domain
.edu
Pendidikan USA
.gov
Pemerintahan AMERIKA
.go.id
Pemerintahan INDONESIA
.jp
Jepang
.sg
Singapura
.uk
United Kingdom
.org
Organisasi non profit
.com
Perusahaan
.net
Penyedia jasa internet
.mil
Militer
.ac
akademik
Mengunjungi website tertentu
Langkah-langkah untuk mengunjungi website dengan menggunakan alamat website adalah sebagai berikut :
1.    Jalankan browser
2.    Klik di bar alamat untuk meletakkan kursor mouse di bar alamat tersebut. Ketiklah alamat website yang akan dikunjungi, misalnya www.yahoo.com. Kemudian tekan tombol enter di keyboard.
3.    Tunggulah sampai website tersebut ditampilkan
4.    Klik link-link yang terdapat di halaman web tersebut sesuai dengan informasi yang diinginkan.
Mengatur internet options
1.    Di desktop komputer, klik menu start
2.    Pada menu yang muncul klik setting
3.    Klik control panel. Jendela control panel akan ditampilkan
4.    Carilah ikon internet options. Klik ikon tersebut. Kotak dialog internet properties akan ditampilkan
5.    Klik tab general
6.    Dibagian home page, di kotak addreess masukkanlah alamat website yang ingin dijadikan default alamat website yang akan dibuka setiap kali browser di jalankan, misalnya :www.google.com. Bila kita ingin  browser tidak membuka website tertentu pada saat dijalankan, klik tombol use blank.
7.    Klik tombol OK